Monday 14 September 2015

Shalat Sebelum Masa Rasulullah SAW

Sesungguhnya Allah Swt telah mewahyukan perintah shalat kepada nabi dan rasul jauh sebelum zaman Rasulullah Saw. Al- Qur’an memberikan buktinya. Allah Swt berfirman, Yang Artinya :
“kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin- pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami dan telah kami wahyukan kepada mereka untuk mengerjakan kebijakan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah.” ( QS. Al- Anbiyaa’ (21): 73) 
“Maka dirikanlah shalat, Sesungguhnya Shalat itu kewajibanyya telah ditentukan kepada orang- orang yang beriman.” (QS. An Nisaa’ (4): 103)
Selanjutnya mari kita siamak apa yang terjadi pada nabi dan rasul Allah Swt melalui ayat- ayat al- Qur’an. Nabi Ibrahim Berdo’a, yang artinya:
“Ya tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim (14): 40).
Nabi Ismail pun yang menyuruh keluarganya mengerjakan shalat yang tercatat dalam ayat berikut ini, yang artinya:
“Dan ceritakanlah hai Muhammad kepada mereka kisah Ismail yang tersebut di dalam Al- Qur’an. Sesungguhnya dia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. Dia menyuruh keluarganya mengerjakan Shalat  dan menunaikan zakat, dan dia adalah orang yang diridhoi disisi Rabbnya.” (QS. Maryam (19): 54-55).
Demikian perintah shalat terus berlangsug sampai tiba kepada Nabi Isa. Perintah itu tertulis dalam Al- Qur’an, yaitu:
“Dan Dia menjadikan akau seorang yang diberkati dimana saja aku berada, dan dia memerintahkan kepadaku (mendirikan ) shalat dan (menunaikan ) zakat selama aku hidup”. (QS- Maryam (19): 31)

0 comments:

Post a Comment