Tuesday 8 September 2015

Tidak menghormati masjid

Setiap bangunan yang dirancang sebagai sebuah masjid oleh sebuah mazhab atau aliran muslim lainnya berhak mendapat penghormatan. Menghormatinya adalah wajib dan tidak menghormatinya, seperti menghancurkannya atau menajisinya adalah dosa besar. Setiap manusia beragama mengetahui bahwa masjid itu terkait dengan Allah SWT.
Dan sesungguhnya masjid- masjid itu adalah kepunyaan Allah…( QS. Al- jin [72]:18)
Karena itu, tidak menghormati masjid merupakan sebuah perbuatan menghina Allah SWT yang maha tinggi.
Perawi, abu bashir mengatakan bahwa beliau bertanya kepada Abu Abdullah, imam ja’far shadiq as, mengenai alas an kenapa menghormati masjid itu wajib? Imam as mengatakan bahwa karena, masjid adalah rumah Allah di muka bumi.
Menurut hadis, Allah SWT berfirman bahwa “masjid adalah rumah-ku di bumi.” Betapa beruntung orang- orang yang melaksanakan wudu du Rumahku dan mereka mengunjungi-Ku di Rumah-Ku dalam keadaan suci . atas dasar ini, adalah wajib bagi tuan rumah untuk memuliakan para tamu yang mengunjunginya. Sampaikanlahkabar gembira dari Nur ( cahaya) yang akan ku limpahkan pada hari kiamat atas orang- orang yang meninggalkan rumah mereka untuk pergi ke masjid di kegelapan malam. (wasail al syi’ah).
Semua mukmin menganggap tidak menghormati masjid adalah dosa besar. Al- Quran telah menyebutkan bahwa merusak masjid adalah perbuatan tidak menghormatinya dan memandangnya sebagai salah satu kezaliman.
Dan siapakah yang lebih aniaya dari pada orang yang menghalang- halangi menyebut nama Allah dalam masjid- masjid-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya?...(QS. Al- Baqarah[2]:114)
Semoga kita semua termasuk orang yang senantiasa menjaga kebersihan tempat ibadah kita, karena kebersihan itu sendiri adalah sebahagian dari imam.

0 comments:

Post a Comment